10 Stadion Tertua Di Seluruh Dunia

Stadion adalah pusat dari setiap acara olahraga, mulai dari zaman kuno hingga zaman modern. Dari periode Yunani ketika Olimpiade pertama kali didirikan untuk menghibur banyak orang hingga acara Olimpiade baru-baru ini, yang disiarkan ke seluruh dunia, stadion selalu menjadi pusat atraksi. Dan tetap saja, ada beberapa stadion tertua di dunia yang menarik perhatian kita.

Kata “Stadion” berasal dari kata Yunani “stadion” yang merupakan ukuran panjang yang sama dengan panjang 600 kaki manusia menurut kitab suci Yunani kuno. Dan, ada beberapa stadion tertua yang masih eksis dengan kejayaannya.

Stadion Tertua di Seluruh Dunia – Peringkat Sepanjang Masa

Sebagai unit pengukuran saat ini, 1 stasiun berarti 600 kaki atau 180 meter di mana panjang langkah manusia dianggap 1 kaki. Ini juga dapat menandakan panjang hingga 15% lebih besar atau lebih kecil dari unit modern, menurut berbagai kitab suci kuno.

Bangsa Romawi memiliki ukuran yang sama, tetapi sekitar 607 kaki atau 185 meter seperti yang digambarkan sebagai jarak 125 passi atau dua langkah. Ada banyak stadion yang berkembang di zaman modern, tetapi ada juga banyak yang terbengkalai terlepas dari usianya. Dan berikut adalah daftarnya 10 stadion tertua di dunia.

10. Stadion Bramall Lane

Stadion Bramall Lane adalah stadion tertua di dunia yang masih menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola nasional dan internasional. Terletak di Sheffield, South Yorkshire, Inggris, klub sepak bola Sheffield United masih menyebutnya sebagai rumah mereka.

Stadion Bramall Lane adalah satu-satunya stadion selain The Oval yang telah menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola internasional Inggris, pertandingan uji kriket Inggris, dan salah satu stadion liga sepak bola paling populerFinal Piala FA.

Stadion ini mendapatkan namanya setelah produsen file dan pengukir keluarga Bramall. Selain kriket dan sepak bola, Stadion Bramall Lane juga menjadi tuan rumah pertandingan liga rugby untuk Sheffield Eagles, dan sepasang konser rock pada tahun 1988 oleh Bruce Springsteen. Dibangun pada tahun 1855, stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk saat ini 32.702.

9. Lapangan Kriket Lord

Lapangan Kriket Lords

Dikenal luas sebagai “rumah kriket”, Lord’s Cricket Ground adalah museum olahraga tertua di dunia. Stadion ini mendapatkan namanya setelah pendirinya Thomas Lord. Terletak di St John’s Wood, London, Marylebone Cricket Club sekarang memiliki Lord’s Cricket Ground.

Sampai sekarang, Dewan Kriket Inggris dan Wales, Dewan Kriket Eropa, dan Klub Kriket Middlesex County menyebut stadion ini sebagai rumah mereka.

Itu juga merupakan rumah dari Dewan Kriket Internasional hingga Agustus 2005. Stadion ini menjadi tuan rumah pertandingan persahabatan antara Klub Kriket Marylebone XI yang dikapteni oleh Sachin Tendulkar dan Sisa Dunia XI yang dipimpin oleh Shane Warne untuk merayakan ulang tahunnya yang ke dua ratus pada tanggal 5 Juli 2014.

8. Lapangan Kriket Oval

Lapangan Kriket Oval

Lapangan Kriket Oval adalah lapangan pertama yang menjadi tuan rumah uji kriket internasional di Inggris pada bulan September 1880. Sering disebut ‘Kia Oval Ground’, KIA Motors saat ini mensponsori stadion kriket bersejarah ini.

Terletak di Kennington, di London Borough of Lambeth, London Selatan, Oval mulai menjadi tuan rumah pertandingan kriket pada tahun 1845. Klub Kriket Surrey County menyebutnya sebagai rumah mereka sejak peresmian resmi stadion ini. Selain itu juga merupakan salah satu stadion kriket terbesar di dunia.

Lapangan ini menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola internasional Inggris pertama pada tahun 1870 melawan Skotlandia dan menjadi tuan rumah final Piala FA pertama pada tahun 1872. Oval juga merupakan rumah dari final Piala FA dari tahun 1874 hingga 1892. Sebagai tradisi kuno, lapangan ini menjadi tuan rumah final pertandingan uji coba musim Inggris. Stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk saat ini 23.500.

7. Stadion Stamford Bridge

Stadion Stamford Bridge

Sering disebut hanya sebagai ‘Jembatan’, Stadion Stamford Bridge saat ini menempati peringkat sebagai stadion terbesar kedelapan di Liga Premier. Terletak di dalam Moore Park Estate di Fulham, London, Stadion Stamford Bridge sekarang menjadi tuan rumah pertandingan kandang Chelsea FC.

Dibuka secara resmi untuk umum pada 28 April 1877, stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk saat ini 41.798. Stadion ini memiliki kehadiran resmi tertinggi 82.905 pada 12 Oktober 1935 dalam pertandingan liga antara Chelsea dan Arsenal.

Selain pertandingan sepak bola nasional dan internasional, stadion ini juga menjadi tuan rumah Final Piala FA, semifinal Piala FA, dan pertandingan Charity Shield. Klub Atletik London juga menggunakan stadion ini sebagai tempat kandang mereka sebelum Chelsea menduduki stadion tersebut pada tahun 1905.

6. Stadion Landsdowne Road

Stadion Landsdowne Road

Terutama digunakan untuk persatuan rugby dan untuk pertandingan sepak bola, pihak berwenang menghancurkan Stadion Lansdowne Road pada tahun 2007. Stadion Stadion Aviva yang baru sekarang berdiri di tempat itu, dibuka pada tahun 2010 untuk umum.

Terletak di lingkungan Ballsbridge di kota Dublin, Persatuan Sepak Bola Rugbi Irlandia sebenarnya memiliki Stadion Lansdowne Road. Stadion ini membuka gerbangnya untuk umum pada tahun 1872 dan terakhir memiliki kapasitas tempat duduk 48.000.

Itu adalah ciptaan Henry Wallace Doveton Dunlop yang merupakan penyelenggara Kejuaraan Atletik All-Irlandia pertama dan juga pendiri Klub Sepak Bola Lansdowne pada tahun 1872. Selain menyelenggarakan olahraga aktif, Stadion Lansdowne Road juga menyelenggarakan konser musik oleh Michael Jackson, Robbie Williams , U2, dan beberapa legenda musik lainnya.

5. Stadion Anfield

Stadion Anfield

Stadion Anfield adalah stadion sepak bola terbesar ketujuh di Inggris dan terletak di Anfield, Liverpool, Inggris. Ini awalnya rumah dari Everton FC antara tahun 1884 dan 1891 dan telah menjadi rumah dari Liverpool FC sejak mereka didirikan pada tahun 1892.

Setelah Stadion Anfield diubah menjadi stadion all-seater pada tahun 1994, saat ini memiliki kapasitas tempat duduk 45.276. Stadion ini memegang rekor jumlah penonton terbanyak yaitu 61.905 pada 2 Februari 1952 dalam pertandingan antara Liverpool dan Wolverhampton Wanderers.

Saat ini dilengkapi dengan permukaan Desso GrassMaster, stadion ini memberikan efisiensi yang lebih baik selama pertandingan sepak bola. Liverpool FC dan Fenway Sports Group juga berusaha membangun kembali Anfield dengan kapasitas 58.000 tempat duduk.

4. Lapangan Kriket Melbourne

Lapangan Kriket Melbourne

Melbourne Cricket Ground adalah stadion terbesar di Australia dan stadion terbesar ke-11 di dunia. Ini juga memegang rekor sebagai stadion terbesar untuk bermain kriket dan stadion terbesar di belahan bumi selatan.

Melbourne Cricket Ground terletak di Yarra Park, Melbourne, Victoria, dan merupakan bagian utama dari Kawasan Olahraga dan Hiburan Melbourne. Stadion ini menjadi tuan rumah beberapa pertandingan dan acara Olimpiade Musim Panas 1956, Piala Dunia Kriket ICC 1992, dan Commonwealth Games 2006.

Melbourne Cricket Ground juga menjadi tuan rumah pertandingan Boxing Day Test yang populer pada tanggal 26 Desember setiap tahun. Didirikan pada tahun 1853, stadion ini saat ini memiliki kapasitas tempat duduk yang sangat besar yaitu 100.024.

3. Stadion Old Trafford

Stadion Old Trafford

Stadion Sepak Bola Old Trafford adalah stadion sepak bola terbesar kedua di Britania Raya. Terletak di Greater Manchester, Inggris, Manchester United FC menyebut stadion ini sebagai rumah mereka sejak peresmiannya.

Ini juga merupakan stadion terbesar kesembilan di Eropa dengan kapasitas tempat duduk 75.635. Old Trafford menjadi tuan rumah beberapa pertandingan Piala Dunia FIFA 1966 dan UEFA Euro 96 dan menjadi tuan rumah final Liga Champions 2003.

Stadion ini menjadi tuan rumah Grand Final Liga Super setiap tahun dan sudah dua kali menjadi tuan rumah pertandingan final Piala Dunia Liga Rugbi. Old Trafford juga merupakan stadion utama Olimpiade London 2012. Resmi dibuka untuk umum pada 19 Februari 1910, Arsitek legendaris Archibald Leitch benar-benar membangun stadion yang terkenal di dunia ini.

2. Area Ujung Selatan

Lapangan Ujung Selatan

South End Grounds adalah sekelompok tiga stadion bisbol di Boston, Massachusetts. Klub bisbol Amerika Boston Braves menggunakan stadion ini sebagai kandang mereka antara tahun 1871 dan 1914.

Klub secara teratur berpartisipasi dalam Liga Nasional dan Asosiasi Nasional selama masa kejayaannya. Karena kemiripan desainnya dengan Polo Grounds, para penggemar sering mengatakan bahwa Ground ujung selatan hanya memiliki lapangan tengah tetapi tidak memiliki lapangan kanan atau kiri.

Resmi dibuka untuk umum pada 16 Mei 1871, stadion ini menjadi tuan rumah pertandingan terakhirnya pada 10 September 1887. Stadion ini dibuka kembali untuk umum pada 25 Mei 1888 setelah pembongkaran sebelumnya.

Tapi sayangnya, yang terkenal ‘Kebakaran Besar Roxbury‘ benar-benar menghancurkan tanah pada tanggal 15 Mei 1894. Setelah rekonstruksi lebih lanjut, stadion kembali membuka kembali pintunya untuk terakhir kalinya pada tanggal 20 Juli 1894. Dulu memiliki kapasitas 6.800 dan memiliki permukaan rumput.

1. Stadion Kota Putih

Stadion Kota Putih

Stadion Kota Putih telah mendapatkan reputasinya sebagai pendahulu stadion tempat duduk modern sejak peresmiannya. Sebenarnya dibangun untuk Olimpiade Musim Panas 1908, stadion ini kemudian juga menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia FIFA 1966.

Stadion ini digunakan untuk menjadi tuan rumah balap greyhound dan speedway. White City Stadium adalah tuan rumah dari finish untuk maraton jarak jauh modern pertama dan merupakan Stadion Olimpiade pertama di Inggris.

Stadion White City dirancang oleh insinyur JJ Webster dan dibangun oleh George Wimpey dengan kapasitas tempat duduk 68.000. Stadion ini dibuka untuk umum pada 27 April 1908 oleh Raja Edward VII.

Itu juga merupakan kandang tim speedway White City Rebels dari tahun 1976 hingga 1978. Setelah pembongkarannya pada tahun 1985, situs tersebut sekarang menjadi BBC White City.

Kata-kata Terakhir

Stadion lain seperti Filbert Street, dibangun pada tahun 1891, dan Taman Roker, dibangun pada tahun 1897, dihancurkan. Namun akhirnya, mereka membuat penonton dan penggemar terhibur. Banyak stadion akan dibangun dalam waktu dekat, dengan teknologi dan infrastruktur modern. Namun, stadion warisan akan tetap menjadi contoh sejarah.

Stadion Tertua – Infografis 2022

Stadion Tertua - Infografis
Infografis: Stadion Tertua

Jadi, yang mana dari 10 stadion tertua ambil kesukaanmu? Beri tahu kami di komentar di bawah.

FAQ Mengenai Stadion Tertua

T. Yang merupakan stadion pertama?

Di Shepherd’s Bush di London, stadion pertama era modern dibangun untuk Olimpiade IV pada tahun 1908. Lebih dari 50.000 orang dapat duduk di tribun yang sebagian tertutup.

T. Stadion mana yang digunakan dalam unbreakable?

Dalam filmnya tahun 2000 M. Night Shyamalan, Unbreakable Franklin Field memainkan peran penting sebagai salah satu lokasi utama. Protagonis film, yang diperankan oleh Bruce Willis, bekerja sebagai penjaga keamanan di sebuah stadion.

T. Siapa nama stadion Rich?

Pemilik Bills, Ralph Wilson, menolak nama yang ingin digunakan Rich, “Coffee Rich Park.” Pada bulan November 1972, badan legislatif daerah menyetujui nama tersebut, meskipun Wilson menawarkan “Stadion Buffalo Bills.”

T. Yang merupakan lapangan bisbol pertama?

Pertandingan bisbol terorganisir pertama dimainkan pada 19 Juni 1846, di Elysian Fields, yang dianggap sebagai tempat kelahiran bisbol. Aturan Alexander Joy Cartwright digunakan dalam game ini antara New York Base Ball Club dan Knickerbockers.

Terakhir Diperbarui Pada: Juli 2022

Source link

Author: admin